Kamis, 17 Januari 2013

Pengertian WEP, WPA , WPA2

1.WEP (Wired Equivalent Privacy)
WEP (Wired Equivalent Privacy) ialah suatu metoda pengamanan jaringan nirkabel atau wireless.WEP merupakan standart keamanan dan enkripsi pertama yang digunakan oleh wireless.Enkripsi WEP menggunakankunci yang dimasukkan oleh administrator ke client maupun access point, kunci tersebut harus cocokdari yang diberikan access point ke client, dengan yang di masukkan client untuk authentikasi menuju access point.
Cara memberikan password pada WEP terdiridari 64 bit dan 128 bit dengan menggunakan format karakter Hexxadecimal dan ASCII.
Jumlah karakter yang diberikan pada WEP:
-64 bit Hexadecimal terdiri dari 8 karakter ( angka 0-9 dan huruf A-F)
-64 bit ASCII  terdiri dari 5 karakter (seluruh karakter yang ada di keyboard)
-128 bit Hexadecimal terdiri dari 16 karakter (angka 0-9 danhuruf A-F)
-128 bit ASCII              terdiridari 10 karakter (seluruhkarakter yang ada di keyboard)
WEP dianggap mudah ditembus dengan metode sederhana sehingga perlu adanya enkripsi yang lebih kuat.
WEP adalah security untuk wireless yang agak lama. Jenis security ini mudah untuk dicrack atau di sadap orang luar . WEP menggunakan 64bit dan 128bit. Ada dua cara untuk memasukkan WEP key, sama ada anda setkan sendiri atau generate menggunakan passphrase. Passphrase akan generate automatic WEP key untuk anda bila anda masukkan abjad dan tekan generate. Untuk pengatahuan anda, ia hanya boleh memasukkan 0-9 dan A-F(hexadecimal). Kepanjangan key bergantung jenis securiy anda, jika 64bit, anda kene masukkan 10key, dan untuk 128key anda kena masukkan 26key.  Tak boleh kurang dan lebih.
2.WPA (Wifi Protected Access)
WPA (Wi-Fi Protected Access) adalah suatu sistem yang juga dapat diterapkan untuk mengamankan jaringan nirkabel.Metoda pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi dari sistem yamg sebelumnya, yaitu WEP. WPA dianggap lebih aman karena sulit ditembus dengan metode sederhana.
WPA terdiri dari dua jenis:
1.WPA
a.WPA radius
b.WPA / PSK
WPA-PSK adalah security yang lebih update dari WEP. WPA-PSK mempunyai decryption yang ada pada WEP. M
alah ia menambahkan security yang lebih pada wireless anda. WPA-PSK masih bisa dicrack atau disadap, tetapi mengambil masa lebih lama dari WEP. Panjang key adalah 8-63, anda boleh memasukkan sama ada 64 hexadecimal atau ASCII(seperti biasa).
 
2.WPA2
a.WPA2 radius
 b.WPA2 / PSK
WPA radius lebih aman,dibutuhkan 1 buah server  tambahan  yang bertugas melayani permintaan autentifikasi  yang diberikan oleh server radius.
WPA2-PSK adalah security terbaru untuk wireless, dan lebih bagus dari WEP dan WPA-PSK, tetapi masih bisa untuk dicrack atau disadap tetapi sangat memakan banyak waktu.  Dalam WPA2-PSK ada dua jenis decryption, Advanced Encryption Standard (AES) dan Temporal Key Integrity Protocol (TKIP). TKIP banyak kelemahan oleh itu lebih baik anda gunakan AES. Panjang key adalah 8-63, anda boleh memasukkan sama ada 64 hexadecimal atau ASCII(seperti biasa).



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

4 komentar:

ululf01 mengatakan...

Terimakasih gan penjelasan dalam artikelnya

moga bertambah ilmunya dan manfaat

rAmA mengatakan...

Alhamdulillah
Terima kasih sudah berkunjung. :)

Asti sie Secretflambojan mengatakan...

terimakasih ilmunya

Asti sie Secretflambojan mengatakan...

kunjungi blog saya juga ya terimakasih http://seemeteorshower.blogspot.com

Poskan Komentar

"my facebook"