Kamis, 24 Januari 2013

Modulator and Demodulator

MODULATOR DAN DEMODULATOR AM

Keperluan akan modulasi awalnya timbul dalam transmisi radio berfrekuensi rendah. Didapatkan bahwa untuk radiasi yang efisien dimensi antena harus kira-kira sama orde besarnya dengan panjang gelombang yang dipancarkan.
Dengan :
dimana f adalah frekuensi, λ adalah panjang gelombang yang dipancarkan dan Vp adalah kecepatan cahaya.
Jika didapatkan frekuensi suatu sinyal informasi 1 KHz, maka panjang gelombangnya akan sama dengan
Karena tidak mungkin untuk membuat antena sebesar ini, maka digunakan sinyal carrier berfrekuensi tinggi. Sinyal informasi yang berfrekuensi rendah akan memodulasi sinyal carrier , kemudian dipancarkan. Gelombang pembawa akan selalu berbentuk sinusoida dan perubahan tegangan waktu dari gelombang dinyatakan dengan

dan jika tidak dinyatakan yang lain, sinyal yang memodulasi akan direpresentasikan dengan
dimana
MODULATOR AM
Modulasi berarti mengatur atau menyetel dan dalam telekomunikasi tepatnya ini berarti mengatur suatu parameter dari suatu pembawa (carrier). Modulasi amplitudo dinyatakan dengan :
atau dapat juga dinyatakan dengan :

Keterangan :
E : amplitudo dari sinyal AM
m : indeks modulasi, biasanya m < 1
µ dan ω : frekuensi sudut dalam rad/s
Berikut ini adalah gelombang AM jika kita lihat dalam oscilloscope
Gambar 1 Gelombang AM dengan m = 1
Kemudian blok diagramnya 
Gambar 2 Blok Diagram Modulator AM

DEMODULATOR AM
Demodulasi adalah suatu proses penterjemahan kode-kode dari sinyal yang telah diterima, dan biasanya mengalami kerusakan akibat noise. Rangkaian yang paling umum digunakan untuk mendemodulasi sebuah sinyal AM adalah detektor selubung (envelope detector) yang menghasilkan suatu tegangan keluaran yang sebanding dengan selubung dari gelombang masukan.
Rangkaian dasarnya yakni :
 
Gambar 3 rangkaian dasar detector selubung

Dioda bekerja sebagai suatu perata (rectifier) dan dapat dianggap sebagai sebuah saklar yang tertutup (ON) bila tegangan masukan positif, sehingga memungkinkan kapasitor C untuk mengisi muatannya hingga puncak dari masukan RF. Selama setengah periode RF yang negatif, dioda akan “terbuka” (OFF), tetapi kapasitor akan mempertahankan muatan yang diterima sebelum itu, sehingga tegangan keluaran tetap pada nilai positif puncak dari RF. Memang akan ada sedikit penglepasan muatan (discharge) dari C, yang menimbulkan suatu ombak RF (RF ripple) pada bentuk gelombang keluaran, yang harus dihilangkan dengan filter.
Gambar 4 gelombang AM
 Gambar 5 Gelombang AM yang telah didemodulasi
 



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Poskan Komentar

"my facebook"