Kamis, 17 Januari 2013

Noise (Derau)



Untuk suatu peristiwa pentransmisian data, sinyal yang diterima akan berisikan sinyal-sinyal yang ditransmisikan, dimodifikasi oleh berbagai distorsi yang terjadi melalui sistem transmisi, ditambah sinyal-sinyal tambahan yang tidak diinginkan yang diselipkan di suatu tempat diantara transmisi dan penerimaan. Berikutnya, sinyal-sinyal tambahan yang tidak diharapkan tersebut disebut derau. Yaitu derau yang merupakan faktor utama yang membatasi performansi sistem komunikasi.
Derau dibagi menjadi empat kategori:
a.                   Derau suhu
b.                  Derau intermodulasi
c.                   Cross talk
d.                  Derau impuls
Derau suhu adalah suatu gejolak thermal elektron. Muncul di semua perangkat elektronik dan media transmisi serta merupakan fungsi temperatur. Derau suhu secara keseluruhan disebarkan sepanjang spektrum frekuensi dan sering jug disebut sebagai white derau. Derau suhu tidak dapat dihilangkan dan karena itu menempatkan suatu batas atas pada unjuk kerja sistem komunikasi.
Bila sinyal-sinyal pada frekuensi yang berlainan menggunakan media transmisi yang sama, hasilnya dapat berupa derau intermodulasi. Efek derau intermodulasi akan menghasilkan sinyal-sinyal pada suatu frekuensi yang merupakan jumlah atau kelipatan antara dua frekuensi asal atau kelipatan dari frekuensi-frekuensi tersebut.
Derau intermodulasi akan terjadi bila terdapat beberapa sifat tidak linear pada transmitter, receiver, atau sistem transmisi yang menghalangi. Normalnya, komponen-komponen ini berlaku sebagai sistem linear, output merupakan fungsi yang lebih kompleks dari input. Sifat tidak linear semacam ini disebabkan karena tidak berfungsinya komponen atau penggunaan kekuatan sinyal yang terlalu berlebihan. Di bawah kondisi seperti itulah muncul istilah jumlah dan selisih.
Crosstalk dialami oleh siapapun yang saat menggunakan telepon, terdengar percakapan lain. Dapat pula terjadi karena kopel elektrik diantara twisted pair yang berdekatan, atau, namun jarang pada jalur kabel koaksial, yang membawa sinyal-sinyal multiple.
Derau impuls tidak terjadi secara terus-menerus dan terjadi pada pulsa-pulsa yang tidak beraturan atau terputusnya bunyi pada durasi pendek, serta dari amplitudo yang relatif tinggi. Derau impuls dapat terjadi karena berbagai macam sebab, termasuk karena gangguan elektromagnetik eksternal seperti halilintar, dan kesalahan serta kerusakan dalam sistem komunikasi (Wiiliam Stalling (2001) : 91-93).

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Poskan Komentar

"my facebook"