Jumat, 11 Mei 2012

Pemrograman Android "Hello Words"

Pendekatan yang saya maksud adalah mencoba membuat program paling dasar di Android. Yaitu menampilkan karakter Hello Droid. Biasanya para programmer selalu mencoba menampilkan karakter Hello World! setiap kali mereka mencoba suatu bahasa pemrograman yang baru mereka kenal. Tapi saya mencoba menggantinya dengan Hello Droid (biz udah bosen sama Hello world, hehehehe).
Oke, pertama-tama jalankan aplikasi Eclipse. Lalu pilih menu File –> New –> Project. Maka akan muncul window New Project, pilih Android –> Android Project –> Next. Selanjutnya isikan field Project Name dengan HelloDroid (bisa diganti, ingat jangan ada spasi). Isikan Application Name dengan Hello Droid (bisa diganti), Package Name dengan com.example.hellodroid (bisa diganti namun ikuti aturan penulisan package seperti pada java) dan CreateActivity dengan HelloDroid (bisa diganti tapi tetap tanpa spasi). Pada Build Target pilih platform yang akan digunakan (misal 1.6) lalu klik Finish.

Setelah itu kita bisa masuk ke penulisan kode sumber (source code). Expand project HelloDroid –> src –> com.example.hellodroid. Di sana bisa kita temukan file HelloDroid.java, klik dua kali agar kita bisa mengeditnya pada lembar kerja Eclipse. Ganti penulisan source code HelloDroid.java menjadi seperti di bawah ini:

package com.example.hellodroid;
public class HelloWorld extends Activity {
/** Called when the activity is first created. */
@Override
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
TextView tv=new TextView(this);
tv.setText("Hello, Droid!");
setContentView(tv);
}
}
Setelah itu save dengan cara menekan CTRL + S pada keyboard. Untuk melihat hasil atau output dari program yang kita tulis, pilih menu Run –> Run, lalu pilih Android Application. Setelah itu akan muncul emulator Android. Tunggu beberapa detik atau menit, karena sama seperti kita menyalakan ponsel Android yang sesungguhnya yang membutuhkan waktu untuk booting. Setelah itu ucapkan basmalah, jika berhasil menampilkan karakter Hello, Droid! 





Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

2 komentar:

andry yudha prawira mengatakan...

berdasarkan artikel tersebut, bisa menjadi rujukan link penelitian dibawah ini

http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2279/1/aplikasi%20mobile%20kamus%20istilah%20psikologi%20berbasis%20android%2022002.pdf

terima kasih

Anonim mengatakan...

It's the best time to make some plans for the future and it's time to be happy.
I have read this post and if I could I desire to suggest you some interesting things or advice.
Perhaps you can write next articles referring to
this article. I desire to read more things about it!


My homepage :: the tao of badass

Posting Komentar

"my facebook"