Kamis, 31 Mei 2012

Wi-Fi Protocol


Kalo yang sudah pernah mainan wifi ato minimal pernah denger istilah wifi , pasti kenal dengan wireless 802.11 A , 802.11 B atau 802.11 G Protokol wifi pertama kali diumumkan secara  tahun 1997 dan diresmikan tahun 1998 (802.11 legacy), kecepatan data-nya sekitar 1-2 Mbps dan menggunakan frekuensi 2,4 Ghz  namun di tahun ini protokol wifi sudah mampu medeteksi kesalahan dalam pengiriman paket data (FEC) ato forward error correction. Di tahun ini implementasi wifi masih diterapkan di 3 jenis yaitu :
1. Infrared (1 Mbps)
2.  frequency-hopping spread spectrum (1 atau 2 Mbps)
3.  direct-sequence spread spectrum (1 atau 2 Mbps)
Nah seiring dengan kemajuan jaman yang populer adalah direct-sequence spread spectrum(DSSS) yang akan menjadi cikal bakal 802.11B , apaan sih direct sequence spectrum ??
Jadi DSSS itu adalah salah satu dari pendekatan modulasi spread spectrum untuk pengiriman data digital kecepatan tinggi melalui radio.
1. Setiap arus informasi yang akan di kirim akan di bagi menjadi potongan kecil-kecil dan setiap potongan akan menduduki channel yang ada dalam spectrum pancaran.
2. Pada saat dikirim, seluruh data akan digabungkan dengan sebuah data berurut kecepatan tinggi (yang dikenal sebagai chipping code) yang akan mendefinisikan perbandingan spreading dari data.
3. Pesawat pemancar dan penerima harus di sinkronisasi dengan kode spreading yang sama.
4. Dua sambungan komunikasi dengan kode spreading yang berbeda dapat menggunakan frekuensi yang sama dan tidak saling mengganggu. Oleh karena itu, dalam sebuah channel dapat di tampung beberapa sambungan dengan kode spreading yang berbeda.
5. Chipping code akan menolong dalam pertahanan terhadap interferensi dan juga merecover data menjadi data aslinya kembali jika terjadi kerusakan pada saat dikirim.
Paling tidak itu gambaran utamanya, penjelasan DSSS dapat dicari di wikipedia dan wiki milik speedy.
Selanjutnya adalah 802.11 A mulai di kenalkan tahun 1999 . 802.11 A mulai dikenal frekuensi 5Ghz , 5 Ghz mulai digunakan karena penggunaan wifi dengan frekuensi 2,4 Ghz mulai banyak yang pake jadi Interfensinya udah banyak udah crowded di Amrik sono (tahun 1999 amerika sudah banyak yang pake 2,4 Ghz sedangkan di Indonesia baru tahun 2004 mulai dikenal wifi secara luas..hiks hiks ). NAh keuntungan penggunaan frekuensi 5Ghz adalah mengurangi interfensi soalnya channel yang bisa dipake banyak bro, dan yang utama adalah transfer data secara teori mencapai 54 Mbps, meskipun maksimal  transfer data sebesar 54 Mbps kenyataan di lapangan berkata lain transfer rate 802.11 A rata-rata hanya sekitar 20Mbps.
Kemudian 802.11 B mulai dikenalkan tahun 2000.  Di 802.11B ini ada perubahan yaitu maksimal transfer rate cuma sekitar 11 Mbps, jadi fokusnya di 802.11 ini memperluas range wifi dengan memperkecil transfer data maksimal dan jujur bro, selama saya di dunia wifi saya paling sering menggunakan 802.11B ini, soalnya range nya jauh (tentu saja tergantung akses point dan antena) lagipula bandwidth yang saya pake maksimal cm 3 Mbps , jadi 11 Mbps saya rasa sudah lebih dari cukup.
Tahun 2003 mulailah era baru 802.11G , 802.11 G bekerja seperti 802.11 B namun dengan kemampuan maksimal transfer data mencapai 54 Mbps. hardware yang bekerja di 802.11Gkompatibel dengan 802.11B , contohnya yang saya pake Senao 2611 masih bisa digunakan sebagai pemancar meskipun kliennya sudah menggunakan 802.11 G (edimax,minitar,bullet dll).
Karena di Indonesia masih banyak yang pake frekuensi 2,4 Ghz, ini saya kasih tambahan tabelchannel frekuensi 2,4 Ghz :
Ini ada tambahan dikit tentang frekuensi wifi
makasih sudah nyempetin baca tulisan ini, kalo ada yang salah mohon dikoreksi  namanya juga belajaran wifi .


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

5 komentar:

Agung Oong mengatakan...

untuk frekuensi yang 3,4GHz - 3,7 GHz dah ada info blom ya. free atawa pake bhp

Agung Oong mengatakan...

untuk frekuensi yang 3,4GHz - 3,7 GHz dah ada info blom ya. free atawa pake bhp

Ramadhitya Wicaksana mengatakan...

kalau frekuensi yg segitu kan wi-max ya...
sebentar lagi akan aku posting tentang wi-max ^_^
ditunggu ya :)

roro titis angganingrum mengatakan...

kalo 802.11p itu kecepatan konek nya seberapa cepet mas ya?

rAmA mengatakan...

@roro
bisa cek dalam situs ini :)
http://www.ieee802.org/11/Reports/802.11_Timelines.htm

Poskan Komentar

"my facebook"